Pada tanggal 26 Juli 2015 lalu seribu musisi Italia sekaligus penggemar grup musik rock Foo Fighters mementaskan pertunjukan musik akbar di lapangan terbuka di Kota Cesena, Italia. Dalam pertunjukan itu, penggemar Foo Fighters yang terdiri dari penabuh drum, penyanyi, termasuk seorang konduktor menyanyikan Learn to Fly, lagu andalan grup rock asal Amerika Serikat itu.

Acara ini diadakan sebagai undangan atau permintaan kepada Foo Fighters untuk datang dan menggelar pertunjukan musik di Cesena, sebuah kota kecil (berpenduduk kurang dari 100.000 orang) yang nyaris mustahil masuk list tujuan tur sebuah grup musik papan atas dunia, semisal Foo Fighters.

Aksi seribu musisi bertajuk Rockin’ 1000 itu tidak sia-sia. Melalui akun Twitter @foofighters, managemen Foo Fighters telah menyampaikan apresiasinya. “Che bello, Cesena” (Indah sekali, Cesena), cuit @foofighters. Selain itu, personel Foo Fighters Dave Grohl telah menyampaikan rencana grupnya untuk datang ke Cesena.

Proyek Rockin’ 1000 lahir dari gagasan Fabio Zaffagnini, seorang penggemar berat Foo Fighters. Bersama timnya, Zaffagnini menghabiskan waktu satu tahun untuk mempersiapkan acara ini.

Sebagaimana terlihat pada bagian akhir video di atas, Zaffagnini mengungkapkan bahwa pentas musik seribu musisi itu ditujukkan kepada lima personel Foo Fighters: Chris, Pat, Nate, Taylor and Dave Grohl.

Personel Foo Fighters
Personel Foo Fighters

Zaffagnini juga mengungkapkan, “Italia adalah sebuah negeri di mana impian tidak mudah jadi kenyataan, tetapi Italia adalah tanah bagi hasrat yang besar dan kreativitas. Apa yang telah kita lakukan di sini adalah sebuah keajaiban besar”.

Nah, ingin band favorit Anda mengunjungi kota Anda? Himpun 1000 musisi/penggemar dan mainkan lagu andalan band favorit Anda itu secara massal sekaligus memukau tentunya. Tidak mudah memang. Tapi, coba bayangkan 1000 orang membawakan lagu Enter Sandman dan Metallica kemudian memastikan akan menyambangi kota Anda.***

Sumber: SMHTelegraph